Apa Rahasia Allah Memberi Garis Tangan yang Berbeda-Beda?

Beberapa hari ini, gua sibuk ngubek-ubek internet, buat nyari referensi ilmu palmistri. Itu Lho …. ilmu ngeramal garis tangan.

Berjam-jam duduk di depan komputer, klik sana klik sini …..

Ah …. akhirnya dapat juga ebook palmistri yang lumayan lengkap, walau dalam bahasa Inggris, no problemo …..

Ada Omnipage prof 16, ditambah Smart Translator, lumayan bisa buat convert dari pdf ke word, trus diterjemahin tuh Ebook ke dalam bahasa Indonesia.

He he he …….

Memang gua lagi keranjingan sama palmistri, ga tau kenapa. Mungkin karena gua penasaran …. kapan gua bisa kaya raya …. atau malah gua ga bakal pernah kaya …???!!

Tapi setelah bersusah payah browsing n googling, belum lagi konvert pdf yang lumayan berhalaman-halaman …. trus ngedit hasil translate Smart Translator ……

Kemaren semua file tentang paslmistri udah gua hapus dari hardisk gua.

Gara-garaya, suatu hari gua ga sengaja nemuin nih tulisan …..

Lo baca sendiri deh ….

“…………………………………….

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Dalam aqidah Islam, garis tangan itu tidak ada kaitannya denga nasib dan masa depan seseorang. Kalau ada orang yang mengaku bisa membacanya, ketahuilah bahwa orang itu sedang melakukan dusta, namun dibantu oleh syetan yang terkutuk.

Membaca garis tangan sebenarnya bagian dari tindakan syirik, yaitu meramal nasib. Dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah ‘arrafah. Perbuatan seperti ini secara aqidah tidak akan pernah dibenarkan, lantaran nasib dan taqdir setiap orang hanya ada di sisi Allah. Tidak ada seorang pun yang mengetahuinya, karena semua itu hal ghaib serta menjadi rahasia Yang Maha Kuasa.

Tapi mungkin anda bertanya, mengapa terkadang ramalan-ramalan itu benar seusai dengan kejadiannya?

Hal seperti itu bisa diterangkan demikian, yaitu syetan yang terkutuk itu datang ke langit untuk mencuri dengar tentang perintah-perintah Allah atas apa yang akan terjadi. Namun syetan tidak pernah bisa melakukannya, mereka hanya langsung dilempar dengan api yang panas. Akibatnya, mereka tidak pernah mendapat informasi yang valid, kecuali menduga-duga atau hanya sepotong-sepotong.

وَلَقَدْ جَعَلْنَا فِي السَّمَاء بُرُوجًا وَزَيَّنَّاهَا لِلنَّاظِرِينَ وَحَفِظْنَاهَا مِن كُلِّ شَيْطَانٍ رَّجِيمٍ إِلاَّ مَنِ اسْتَرَقَ السَّمْعَ فَأَتْبَعَهُ شِهَابٌ مُّبِينٌ

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang (nya),dan Kami menjaganya dari tiap-tiap setan yang terkutuk,kecuali setan yang mencuri-curi (berita) yang dapat didengar (dari malaikat) lalu dia dikejar oleh semburan api yang terang. (QS. Al-Hijr: 16-18)

Tapi kemudian asumsi versi syetan itu kemudian ‘dijual’ kepada dukun ramal. Tentunya tidak gratis, harus ada kompensasinya. Bentuknya pasti bukan uang karena syetan tidak makan uang. Syetan hanya minta satu hal, yaitu menemaninya di dalam neraka untuk sama-sama diazab.

Sebab syetan sudah dipastikan masuk neraka. Tidak ada hal yang bisa meringankannya, kecuali mencari teman yang bisa diajak senasib, sama-sama dibakar di dalam neraka.

Para dukun ramal ini tentu saja ditugaskan oleh syetan untuk menjadi agen pemasaran yang potensial. Maka beragam trik penipuan dilakukan, salah satunya adalah jasa membaca garis tangan. Orang awam yang tidak punya pemahamana aqidah yang lurus sudah bisa dipastikan akan jadi korbannya. Padahal boleh jadi berawal dari iseng-iseng, tapi sesungguhnya dari sudt pandang aqidah sangat vatal.

Sebab ramalan masa depan itu adalah salah satu pintu dari pintu-pintu syirik. Sementara dosa syirik itu kalau sampai terbawa mati tanpa semat bertaubat sebelumnya, tidak akan diampuni di akhirat.

إِنَّ اللّهَ لاَ يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَاء وَمَن يُشْرِكْ بِاللّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. (QS. An-Nisa: 48)

Karena itu sebaiknya anda hindari bermain-main dengan masalah membaca garis tangan, sebab resikonya sungguh tidak main-main.

Wallahu a’lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc.

About these ads

70 Responses to “Apa Rahasia Allah Memberi Garis Tangan yang Berbeda-Beda?”

  1. Ayruel chana Says:

    Assalamu alaikum
    nich ngambil di eramuslim….yach

    Kalau gue berpendapat..begini:
    garis tangan atau tanda tangan…bisa diramal dan terkadang terbukti.sebenarnya ini memang salah.
    Eit…kok salah kan terbukti ya???
    begini: Bukan diramal tapi hanya membaca seni seseorang..contoh membaca atau melihat seseorang Punya nafsu berapa,marah berapa,akal berapa,kebiasaannyya gimana dll
    itu kan jelas tertulis atau terlukis pada tanda tangan seseorang,tanda tangan seseorang adalah bukti keinginannya bagaimana dan bagaimana pola,tekhnik.kerja begitu juga berapa nafsu,amarah serta akal ketika ia menulisnya.jadi sang perama(katanya sich)mengalikan semuanya itu dengan keadaan hari itu atau mengira2 akan hari berikutnya dengan melihat hari2 kemaren.Emang rumit sich..atau pengertian dasarnya dalam kehidupan sehari2 kita :

    A : berbadan besar :sanggup mengangkat beras 200 kg
    B : berbadan kecil :jelas dia nggak sanggup.
    Tapi ramalan seperti ini akan tetap terbantahkan jika ternyata Si B mempunyai tehknik atau skill untuk mengangkat beras 200 kg.atau si A walau berbadan besar tapi ternyata dia nggak punya tenaga karena disebabkan suatu hal ,contoh,mabuk,sakit,atau kakinya sakit dll.
    Jadi yang dibaca cuma program defaultnya saja sedangkan Aksesorinya(third party)hanya tebakkan saja dengan mengalikan rumus2 yang ada..yach bisa iya bisa nggak.malah ramalan seperti itu takkan tepat lagi kalau sudah ada yang menutup kelemahannya,contohnya seorang pria yang diramalkan miskin.walau penyebab miskinnya karena dia boros tapi tetap aja ramalan si peramal benar kan..?akan tetapi andai dia sudah beristri dan mendapatkan istri yang pandai berhemat.dan itu jelas bisa menutup kelemahan si pria tersebut.Apakah ramalan itu masih berlaku.jadi bukan ramalan hanya tebakkan sementara.

    Semoga bermanfaat dan
    Wassalamua alaikum wr wb

  2. gombal trendy Says:

    Waalaiukum Salam Wr. Wb.

    mas Ayruel chana, saya juga mengakui bahwa menebak sifat seseorang melalui garis tangan itu tidak salah, namun yang menjadi salah jika dengan melihat garis tangan seseorang kemudian meramalkan masa depan.

    karena meramal sifat berdasarkan garis tangan itu adalah sebuah seni atau ilmu yang memang bisa dipelajari.

    Tapi bila seseorang kemudian menghubung-hubungkan dengan masa depan itu menjadi lain cerita.

    Sebab ramalan masa depan itu adalah salah satu pintu dari pintu-pintu syirik.

    Itu sebenarnya yang ingin saya hindari

    Thks banget
    pemikirannya brilian . . .

  3. Ayruel chana Says:

    Assalamu alaikum

    jadi tingkat Kebenaran ramalan 1/100000000000000000000.mungkin lebih
    Dan ini pun secara logika
    Mending dihindari dan ditiadakan…

    Wassalamu alaikum

  4. gombal trendy Says:

    Waalaiukum Salam Wr. Wb.

    Setuju banget Mas Ayruel chana.

    Oh, iya. Di blog anda Tentang malaikat-robot

    Saya minta maaf bila ada postingan koment saya yang kurang berkenan.

    Saya hanya kurang mengerti apa yang dimaksudkan oleh saudara haniifa, sehingga dia (menurut apa yang saya baca di komentar dia tentang koment saya)seolah-olah begitu tersulut amarah, sampai mengkait-kaitkan komentar saya dengan ridlo ibu segala.

    Apakah postingan komentar saya menyinggung perasaanya?

    Padahal koment saya tersebut hanya ingin mengatakan SAYA (SEBAGAI MANUSIA) TIDAK INGIN DISAMAKAN DENGAN ROBOT.

    Dan sepertinya tingkat emosi si haniifa ini tinggi sekali ya . . . he he he

  5. Ayruel chana Says:

    …ke blog haniifa aja….orangnya briliant..koq….
    dia biasa aja..tuchh…….cuma habis perang aja di http://kemanusiaan.wordpress.com
    ……..
    Blog haniifa http://haniifa.wordpress.com/

  6. lover of trusted truth Says:

    Yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas, dan di antara keduanya terdapat hal-hal musyabbihat (syubhat / samar, tidak jelas halal-haramnya), yang tidak diketahui oleh kebanyakan manusia. Barangsiapa yang menjaga hal-hal musyabbihat, maka ia telah membersihkan kehormatan dan agamanya. Dan, barangsiapa yang terjerumus dalam syubhat, maka ia seperti penggembala di sekitar tanah larangan, hampir-hampir ia terjerumus ke dalamnya. Ketahuilah bahwa setiap raja mempunyai tanah larangan, dan ketahuilah sesungguhnya tanah larangan Allah adalah hal-hal yang diharamkan-Nya. Ketahuilah bahwa di dalam tubuh ada sekerat daging. Apabila daging itu baik, maka seluruh tubuh itu baik; dan apabila sekerat daging itu rusak, maka seluruh tubuh itu pun rusak. Ketahuilah, dia itu adalah hati.” (HR. Bukhari)
    Barangsiapa membatalkan maksud keperluannya karena ramalan mujur-sial maka dia telah bersyirik kepada Allah. Para sahabat bertanya, “Apakah penebusannya, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Ucapkanlah: “Ya Allah, tiada kebaikan kecuali kebaikanMu, dan tiada kesialan kecuali yang Engkau timpakan dan tidak ada ilah (tuhan / yang disembah) kecuali Engkau.” (HR. Ahmad)
    Ramalan mujur-sial adalah syirik. (Beliau mengulanginya tiga kali) dan tiap orang pasti terlintas dalam hatinya perasaan demikian, tetapi Allah menghilangkan perasaan itu dengan bertawakal. (HR. Bukhari dan Muslim)
    Barangsiapa mendatangi dukun peramal dan bertanya kepadanya tentang sesuatu (lalu mempercayainya) maka shalatnya selama empat puluh malam tidak akan diterima. (HR. Muslim)
    Barangsiapa mendatangi dukun peramal dan percaya kepada ucapannya maka dia telah mengkufuri apa yang diturunkan Allah kepada Muhammad Saw. (Abu Dawud)
    Lebih baik cari aman…
    Kerusakan itu efeknya tidak hanya pada saat rusak tapi juga pada saat sudah diperbaiki. Memang, mencegah itu lebih baik daripada mengobati.
    Kawan-kawan & saudara-saudariku yang kusayangi, lebih baik kita menyelamatkan diri dengan berjalan di jalan yang terang dan menjauhi yang tidak jelas, bukan sekedar menolak ajakan setan tapi menolak langkah-langkah setan yang seolah sepele… Ketahuilah, keselamatan itu tidak terasa, sedangkan kecelakaan itu terasa, jadi janganlah menunggu celaka, tapi cukuplah belajar dari yang petunjuk yang terang yaitu langsung merujuk pada al qur’an al hadits dan ulama yang ahli al qur’an al hadits… Kesimpulannya, tinggalkan hal2 seperti itu. Bergaullah dengan orang ahli ilmu agama karena itu sangat berpengaruh

  7. didik Says:

    mas aku mau dong sofware smart translator,
    bisa kasih tau g? dimana aku bisa dapet tuch software,
    ato sampeyan punya? klo dikasih maturnuwon banget.

    Terima kasih,

  8. gombal trendy Says:

    @ didik

    Klik Disini :
    SMART Translator

  9. Black Rock Says:

    Saya adalah salah satu orang yang pandai meramal. dulu saya sangat senang dengan meramal nasib orang hingga pada suatu ketika, ketika saya mendapat cobaan dari yang maha kuasa saya tidak dapat meramal dan menolong diri saya sendiri. Dan akhirnya saya bertobat dan menyerahkan segala permasalahan yang ada dalam diri saya kepada Allah SWT.
    Disini saya hanya ingin memberi nasehat tentang ilmu meramal dengan Syirik.

    Ilmu meramal adalah melihat atau mengamati gelombang kehidupan hidup seseorang, seperti ilmu kecepatan dengan kecepatan sekian kita dapat menentukan kapan seseorang itu sampai. ilmu kecepatan adalah ilmu pasti sehingga kita dapat memperhitungkannya dengan pasti. tapi kehidupan bukanlah ilmu pasti itu adalah ilmu Allah semata jadi kita hanya dapat berserah diri kepada Allah untuk selalu diberi perlindungan agar perjalalan hidup kita ini selamat sampai tujuan. Semoga Kita Semua Adalah Manusia yang Selalu dalam Lindungannya.

    Syirik adalah suatu pengetahuan atau pemahaman yang tidak berlandaskan agama dan keimanan kepada Allah SWT, jadi syirik itu adalah segala sesuatu yang membuat kita jauh dari Allah. Semoga kita selalu di jauhkan dari ke Syirikan oleh Allah SWT.

    Jadi hanya itu yang dapat saya beritahukan kepada anda2 semua yang ingin mengetahui segala ilmu peramalan.

    Semoga pengalaman Black Rock bisa menjadi cermin bagi kita semua ,,,, amin ,,,,

  10. Abror Says:

    Ko dihapus,wah2 syng bnged,plajari aja palmistri jgn takut,yg pntng ilmu tauhidnya hrus kuat.
    “orng yg menyembah brhala it sirik,tp apakh kita sadar bhwa nafsu hewani, iri, dengki, ujub, sombong, ingin dipuji, gunjing, dan kawan2nya yg lain it adalah brhala yg tak terlihat,
    Haha..apa bedanya kita dgn orng kafir yg brhalanya patung”
    Coba renungkan.
    Satu detik saja kita lupa dgn Allah SWT it adalah sirik. Brang siapa mati dlm keadaan sirik maka ia telah kafir.

  11. lily Says:

    salam kenal…
    topik ini bagus banget, memang banyak kontroversi masalah palmistry.bisa dikatakan orang yang berhubungan dengan hal itu sama saja kaya berjalan dijalan yang licin,salah2 malah terperosok kedalam syirik yg merupakan perbuatan dosa besar yang paling dibenci oleh Allah S.W.T
    namun tidak hanya palmistry atau ilmu garis tangan tetapi sesuatu yg tdk kita sadari yg sering dilakukan misalnya ramalan zodiak,ramalan cuaca,Kartu tarot dll yang akrab dengan kita..
    bukan hanya mempercayai hal2 yg dianggap mendahului kehendak Allah tetapi jika dari diri kita telah diperbudak oleh sesuatu pun itu adalah syirik,seperti contoh katika adzan tiba harusnya kita segeralah laksanakan shalat tapi jika kita mengundur2nya dan mengutamakan nonton tv itu adalah perbuatan syirik.jadi apapun perbuatan kita yang menduakanNya,menyekutukanNya adalah dosa besar apapun itu.
    maka hati-hatilah… kita hidup didunia memiliki pegangan Al-Quran dan Hadist,tapi pemahaman berbeda2 itulah kita manusia yang di anugerahkan pikiran. dan wajarlah jika berbeda karena kepala didunia ini banyak sekali.jadi dengan informasi yang ada dan tetap berpegng pada AL-QURAN dan HADITS
    GARIS TANGAN ATAU SIDIK JARI MERUPAKAN ILMU PENGETAHUAN
    KITA BISA MEMBACANYA,TAPI JANGANLAH MEMBACA MASA DEPAN..
    MASA DEPAN ATAU NASIB HANYALAH RAHASIA ALLAH
    DAN MASA DEPAN MERUPAKAN HASIL UPAYA DARI USAHA KITA
    SALAM..

    lily_aja51@yahoo.com

  12. gombal_trendy Says:

    @ Lily

    Salam kenal kembali,

    Setuju dengan Lily, kita sering terjebak dengan hal-hal yang (menurut kita) sepele.
    Seperti Zodiak, Shio atau Neton (jawa).

    Hampir 90% orang didunia suka dengan ramalan zodiak, dan 75% (dari yg 90% tadi) mengaku percaya zodiak.

    Hal (yang kita anggap) sepele, namun ternyata bisa membuat kita menjadi syirik.

  13. dini Says:

    Gimana yah, kadang bingung juga, soalnya, kadang ramalan suka keliatan bener ya, biarpun banyak salahnya, tapi menurut gw…ramalan itu kaya kita lempar batu, ke sesuatu tujuan lempar, intinya bisa kena bisa gak kena..betul gak?

    Itulah tugas syetan, membuat hati kita menjadi bimbang.

    Yang salah bisa jadi (dianggap) benar,
    yang benar bisa dianggap salah ,,,

    Wah, saya jadi sok pinter nih ,,,,
    Sori, :D

  14. melz Says:

    nah Q setuju bgt soal yg satu ini coz dulu pacarku pernah di ramal dgn seorg tmn kuliahnya yg katanya pacarku bakal punya istri 2. di karenakan dengan istri pertama gk bakal tahan lama, gk tw cerai atw meninggal. na’udzubillah!!!
    padahal ya mas sekarang saya mau menikah dengannya. gara2 ramalan itu ak jadi takut bgt coz umurku bisa di deteksi ma orglain lewat garis tgn suamiku sendiri. kebayang gak sih dgr berita kyk gitu. bkin shock n patah semangat aja. tapi aku yakin semua takdir hanya di tangan allah aja. tapi begitu aku baca punyamu, hatiku langsung plong bgt. tmbh semangat nih!!!
    thnx yaw

  15. gombal_trendy Says:

    @ melz
    :D
    Jangan pernah takut untuk melangkah,
    apalagi melangkah untuk kebaikan.

    Terkadang, suatu ramalan menjadi kenyataan bukan karena ramalan itu memang benar, tapi justru karena diri kita sendiri yang membuat ramalan tersebut menjadi benar.

    Sebagai contoh,

    Ada yang meramal, kita akan bercerai dengan pasangan kita.
    Karena kita percaya akan ramalan tersebut,
    kata-kata cerai akan selalu terbersit dalam hati, dan secara tidak langsung akan melemahkan hati kita dalam berumah tangga. Masalah sekecil apapun akan bisa menjadi pemicu perceraian.

    Setiap ada pertengkaran dalam rumah tangga kita akan selalu berkata ” ah, memang benar ramalan tersebut, ujung-ujungnya pasti akan cerai …”

    karenanya, niatan untuk mempertahankan rumah tangga akan menjadi lemah atau bahkan akan hilang sama sekali.

    Mudah-mudahan Mbak melz bisa melupakan semua ramalan (ngaco) tersebut ,,,

    Mempertahankan sebuah rumah tangga memang tidak semudah yang kita bayangkan.

    Semoga Pernikahan Mbak melz, menjadi pernikahan yang langgeng ,,,,

  16. mu_alaf Says:

    assalamu’alaikum,…
    ni pendapat saya…..

    sesungguhnya amal AMAL itu tergantung NIAT, lha wong si Gombal (e mukiyo)..itu niatnya :..

    “ga tau kenapa. Mungkin karena gua penasaran …. kapan gua bisa kaya raya …. atau malah gua ga bakal pernah kaya …???!! ”

    ya iya lah …dapat di kategorikan syirik…. ( Sory lho gombal mukiyo..ha..ha…ha…)
    So,..pelajari saja ilmu membaca garis tangan ntu…PERBAIKI NIATnya…semua ilmu gak ada yang gak bener,….yang salah itu cara mendapatkan ilmu, cara mengamalkan ilmu itu,..dan yang jelas,…pelajari dahulu (FIRST,..WAJIB dan UTAMA)..yaitu ilmu agama, aqidah, syariatnya, hakikatnya….baru luangkan waktu dengan ilmu yang lain (termasuk garis tangan itu)…jangan ngajinya 5 menit, baca buku palmistry 5 jam,…

    oke, sekian dulu komen dari saya…

  17. gombal_trendy Says:

    @ mu_alaf

    He he he he …. :D

    Wahhh, nyindirnya dalemmm nihhh …….

    BUt, thanks …. koment-nya …..

    Kamu juga mau belajar garis tangan ????

    Atau malah sudah jago jangan-jangan nihh???

    Nanti biar gombal, nanya garis tangan sama situ aja deh

    he he he ….

  18. antiano Says:

    camlekom (sering muncul dihp, kata na sih biar muat)
    masalah dukun n tenun aq pernh jg kena
    masalah na temen gue dukun hebat dtempt kerj
    bahkan sales2 yg rajin banget solat na dateng biar laris manis dagangan na
    tp salees na biarin ja, krn dia sukses dengan caranya
    celakanya diriku ini….
    mang sih gak nanya2 masalah hidup, tp kadang2 dia nyeletuk sendiri
    mungkin krn temen yach dibiarin ja, mang sih kami jd sering sharing masalah pribadi, konteks na cuma bincang2 tengah malam, yg berbau kemenyan
    tp lambat laun masalah dateng menimpa, urusan kerjaan cinta keuangan datng bersamaan
    bingung mana duluan yg diselesaikan, akhirna semuanya terengut dari aq
    aq dipecat, gak jd nikah dan tiba2 tagihan datng terus menerus…
    akhirna semua harus dilepas, tak satupun yg bisa dipertahankan
    aq cuma ngambil pelajaran dari situ bahwa walaupun kita awalnya bisa mendapatkan sesuatu dengan cara seperti itu, tp akhirna Allah jg yg mengambilnya, krn dgn adanya dukun kita menjadi malas dan gk kreatif, hati nurani dan nalar ditiadakan
    aq bersyukur gk terjerumus ke lembah yg dalam, tp gara2 hal tersebut kehidupan q hancur, dan aq memulai dari nol lg….
    silahkn ja datng ke dukun yg hebat sekalipun, gk da gunanya
    sehebat apapun dukun itu akan cuma akan membawa sial…

  19. antiano Says:

    garis tangan dan aliran yg lain sama aja
    aq pernah download primbon dari primbon.com
    ternyata jodoh semua yg kita pasangkn dengan siapapun
    akan ada sial jg boleh check
    jd siapapun jodohnya kita wajib menerimanya
    gk da yg sempurna didunia ini

    dukun peramal, ma yg nyamar jd kyai punya jimat2 akan masuk neraka
    yg pelajarin neraka yg bacain tgn orang buat pamer neraka dan yg dengerin jg neraka
    hehehe,
    jd setan punya pengikut yg banyak
    hidup setan krn dah ngancurin hidup q

  20. Rul Says:

    Kalau bicara masalah nasib. Menurutku Nasib setiap orang berbeda-beda, karena setiap orang ada jalan hidupnya masing-masing. Nasib manusia dalam ilmu Allah. SWT yang tak terbatas. Namun tidak tertutup kemungkinan beberapa orang tertentu diberi-Nya karunia untuk mempunyai “penglihatan tembus pandang ke masa depan”. Seperti misalnya para rasul, nabi, wali dan orang-orang yang dikehendaki-Nya. Tidak seorang pun dapat mencegah apabila Allah SWT berhendak untuk memberi rahmat berupa setitik ilmu-Nya kepada orang yang dikehendaki-Nya. Bahkan bukankah “orang biasa” saja dapat melihat masa depan melalui mimpi yang benar atas izin Allah.SWT. Memang tidak semua orang memiliki ilmu “penglihatan tembus pandang ke masa depan” adalah orang baik-baik. Ambil contoh misalnya beberapa dukun yang menggunakan jasa jin kafir untuk melihat masa depan seseorang. Hal itulah yang dilarang oleh nabi karena caranya salah. Yang penting kita harus yakin kebenaran sejati hanya ada disisi Allah-Nya, ilmu manusia hanya bersifat semu bisa benar bisa salah. Dan janganlah kita gampang mengkafirkan orang lain dan merasa benar sendiri.

  21. Zainal Syam Arifin Says:

    Sebenarnya Allaah SWT memberi garis tangan yang berbeda-beda diantaranya seupaya setiap orang bisa saling mengenal karena keunikan garis tangannya. Sama seperti sidik jadi yang unik, bentuk telingan yang unik bahkan bentuk kornea mata yang unik.

    Pembentukan opini bahwa garis tangan manusia juga menentukan nasibnya hanyalah sekedar buatan syetan jin dan konco-konconya dari golongan syetan manusia, tidak lain supaya manusia bisa menjadi tambah bngung dan sesat, syukur-syukur bagi syetan jika ada manusia yang mempercayainya, berarti tujuannya tercapaui untuk menyesatkan anak keturunan adam.

    Kalau mau dipikir, kenapa bukan sidik jari yang dibuat ramalannya? Kenapa harus garis tangan? Kenapa bukan bentuk tubuh misalnya?
    Dan jika seandainya Allaah memang benar menjadikan bentuk garis tangan sesuai dengan nasibnya, maka berarti nasib pun tidak bisa diramalkan dengan pasti karena bentuk garis tangan, bentuk sidik jari, betuk muka, bentuk kornea mata tidak ada yang sama di dunia ini bahkan pada sepasang manusia kembar identik sekalipun masih ada perbedaannya. Karerna tidak bisa diramalkan dengan pasti maka syetan dengan berdasarkan informais yang mereka curi dari langit lalu mereka mengira-ngira. Akibatnya itu merugikan anak keturunan adam jika terlanjur mempercayainya, karena Allaah tidak akan menrubah nasib suatu kaum sebelum mereka merubah “keadaan diri mereka itu sendiri”. Perubahan keadaan diri mereka itu sendiri bisa diartikan pada semua aspek mulai dari dalam diri (pikiran dan perasaan) sampai perbuatannya.

    Jadi sudah jelas khan bahwa nasib kita tidak bisa diramalkan? Dan tidak ada mengetahui sesuatu hal yang gaib kecuali Allaah SWT. Mempercayai ramalan hanay akan merugikan diri kita sendiri, karena barangkali saja potensi diri kita bisa lebih baik tetapi karean mempercayai ramalan akhirnya malah merugikan.

    Semoga bermanfaat

  22. che Says:

    hampir semua ramalan nabi muhammad saw tentang msa setelahnya sedikit2 terbukti, bagaimana kita menganalisa akan memperkuat sbrpa tepat hasil ramalan/perkiraan/ perhitungan kita, karena ini bkn mslh gaib kita umat islam pnya media metafisik untuk mngthui apa yg terbaik di msa yg akan datang yaitu sholat istikhoroh, dan alloh kalo sy alami selalu ngasih pertanda bwt kita, sayangnya kita selalu lalai karena kemalasan berpikir dan memperhatikan tanda2Nya, garis tangan, mimpi, alam, hewan, psti mmbantu kita

  23. Zainal Syam Arifin Says:

    Sekali lagi, bagi umat islam yang mempercayai ramalan seperti ramalan bintang, garis tangan, dan lain – lain berarti dia telah melakukan perbuatan kemusyrikan, begitu tipisnya perbedaan antara kemusyrikan (syirik) dan ketauhidan ini sampai – sampai Rasulullah Muhammad SAW telah mengabarkan bahwa ada syirik yang kecil dan tidak di sadari bagaikan semut hitam yang berjalan di atas batu hitam pada malam hari. Sebagai contoh, kita mempercayai bahwa terjadinya hujan karena pengaruh planet ini, atau karena bintang ini atau karena bulan ini, dll.
    Bagi umat islam yang mendatangi dukun dan atau mempercayai ramalan seseorang maka tidak akan diterima sholatnya selama 40 hari, Alias dia tidak akan dianggap sholat (=dianggap meninggalkan sholat) selama 40 hari. Begitu bahayanya syirik ini sehingga yang paling ditakutkan oleh Muhammad SAW terhadap umatnya adalah syirik.

  24. Vic Says:

    Q mau tanya nih. . ?
    Kalau yang di baca Garis tangan. .
    tapi yang Q baca masa lalunya. .
    Haram Gak. . .

  25. TRY Says:

    semua yang hidup di dunuia ni dah da yang ngatur,reski,mati,hidup,dan jodoh semua dah diatur ma
    Allah SWT

    peramal ja manusia ngapain kita percya sesama manusia,musyrik donk!!!!!
    syukuri pa yang ada,jalani ja hidup nhe bawa enjoy ja insyaallah kita menikmati hidup ni.

  26. Amel Says:

    klo yang Ngeramal dah pasti berdosa terus
    yang diramal tuh percaya,berarti dia berdosa juga dong?????
    klo sekedar cuma coba2 pgen diramal gimana tuh,Gombal????

  27. Desri Says:

    Awalnya sich guru Q yg ngeliat garis tngn tmn Q ktnya “bagus” eh pas ngeliat garis tngn Q ktny “akh yg ini agak,,,mh..” kt2 itu m’bwt q jd deg2an, akh emang bner gtu,, q jd bimbang…
    akhirnya Q nyari2 d internet & gk sengaja nemuin tulisan Kakak ini, huHH Q jd Ngemplong, thanks ya,, bwnyk pljran yg dpt d ambil, mudah2an Allah slalu nglindungi Q & seluruh Muslimin muslimat dari godaan syetan yg t’kutuk,, Amin.

  28. eyour Says:

    Assalamu’laikum wr wb

    artikel yang bagus,,,sebenarnya aq sdg cari artikel mengenai hubungan garis tangan dgn takdir Allah swt,,,eh ternyata ada artikel ini jadi sekarang aq tahu,,,,1 hal yang membuat aq mencari artikel itu berhubungan dengan kepenasaran aq tentang garis tangan yang bertambah atau muncul yang baru dengan sendirinya,,,dri situlah aq pengen tahu ^_^ :D

    Mengenai ramalan memang sdh msk dlm kategori syirik,,,,lebih baik qta ikhlaskan smuanya kepada-Nya,,,,jodoh, karir, rejeki, hidup dan mati smua itu adalah urusan Allah swt. Qta sebagai hamba-Nya hanya perlu memohon dan meminta yang terbaik buat qta juga berusaha utk meraihnya,,,,yah spt yg dikata sama mas zainal >>> Allah swt tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum mereka merubah “keadaan diri mereka itu sendiri”. <<<

    Mulai sekarang kembalilah qta kepada Al-Qur'an dan Hadist,,,,karena sudah terlampau jauh qta kepada 2 pusaka yg diwariskan oleh Rosulullah saw kepada qta umatnya,,,,,

    @ Rul

    Memang ada insan yg diberi keberkahan-Nya tetapi tetep insan tsb harus mengamalkannya dgn hati2 dan menurut syariat islam,,,,

  29. ani Says:

    Pt gmn, klo yg ngomong tu katakanlah ustadt… Misal : Kamu nt akan mati brp taun lg gt…. apa itu jg syirik, krn dia bs dikatakan org yg dkt dgn Tuhan….

  30. meong Says:

    >ani
    Walaupun ustad sekalipun…tetep aja, percaya kepada selain Tuhan itu sirik…dong…!

  31. jang latif Says:

    semoga yang terjadi bukan hal menimbulkan kemusibahan umat

  32. gungun Says:

    thanks nasihat nya ,itu ilmu buat ku,
    kelak jika sudah punya anak, dan anak ku nanyain tetang garis tangan.,aku akan bicara kan hal yang sudah aku ketahui ini

  33. fahrul Says:

    garis tangan q lurus semua

  34. bung Says:

    ngak usah baca jari tangan, juga pada masuk neraka semua. Nyembahnya batu dan gedung (berhala). Ya pasti masuk neraka semua.

  35. wul_wul Says:

    bgus artikel.na ….kbetulan ak lgi nyari cara membaca garis tangan. ecgh gk sengaja nemu artikel ni. So ak sekarang ud gk prcya hubungan nasib dg garis tangan… trims ea !!!!!!!

  36. Tutz_Chan Says:

    makasih atas artikelnya, jadi ini untuk menghidari saya dari perbuatan Dosa besar, . terkadang saya tau itu tdk d perbolehkan, tp karena keadaan dan situasi saya menginginkan saya ingin tau dan ingin mmpelajari ilmu ramalan salah 1 nya mmbaca garis tangan., skrg aq hnya brfikir hub nasib nya ditentukan oleh Allah, kita manusia hnya dapat berusaha dan berdo’a dan Allah yang menentukan keputusan.,

  37. wahyu nuransih Says:

    makasih atas informasinya…………..
    semua itu tergantung pada allah……………

  38. ndy Says:

    lam kenal..

    izin mengcopy ea…:)

    thankz atas info na. bermanfaat bngt

  39. Fikri Says:

    gak ikutan ah soal garis tangan yang penting saya backlink dulu
    SIGNATURE:
    http://www.xy-kids.co.cc

  40. ryandi Says:

    kslmtan smg tercurahkan kpd kt smua..

    good smua artikelx ”semoga kita mendptkn ridho dan surga nya allh swt. @mieen

  41. taopick Says:

    che Says:
    28 November, 2009 at 1:03 am

    hampir semua ramalan nabi muhammad saw tentang msa setelahnya sedikit2 terbukti, bagaimana kita menganalisa akan memperkuat sbrpa tepat hasil ramalan/perkiraan/ perhitungan kita, karena ini bkn mslh gaib kita umat islam pnya media metafisik untuk mngthui apa yg terbaik di msa yg akan datang yaitu sholat istikhoroh, dan alloh kalo sy alami selalu ngasih pertanda bwt kita, sayangnya kita selalu lalai karena kemalasan berpikir dan memperhatikan tanda2Nya, garis tangan, mimpi, alam, hewan, psti mmbantu kita

    sy setuju bgt yg ini. tiap kejadian yg kita alami itu ga ada yg kebetulan!
    kt harus pandai baca tanda2nya. dan tanda2nya bisa dari mana aja. bahkan dari pemuka agama lain sekalipun. hapus ego dan ikuti hati. menurut sy hidup bukanlah hitam putih, tpi lebih berwarna. lebih dari sekedar surga atau neraka.

    apakah kita yakin(100%) definisi “meramal masuk neraka” yg dimaksud Rasulullah SAW sama dgn definisi meramal sekarang? bahasa indo dengan beda generasi bratus2 tahun bisa beda pemahaman, apalagi beda bahsa dng jarak beribu2 tahun??
    lebih aman sih bagi sya ga mengharamkan dan ga membolehkan.

  42. ami Says:

    [informasi]… tak ada niat lain dalam post ini selain bertanya.
    ada suatu forum yang saya ikuti…
    Q-RAK, Quark Reiki Atomic Kundalini…
    intinya itu mengakses energi alam semesta yang telah diberikan Allah SWT yang memang diciptakan sebagai tanda kebesaran-Nya dan juga untuk dimanfaatkan oleh umat manusia.

    singkat cerita hasil pengaksesan energi alam semesta itu digunakan Q-RAK’er untuk melakukan kebaikan. Dan apabila kemampuan dalam Q-RAK itu diasah, atas izin Allah akan memiliki kemampuan seperti mukzizat dengan tingkatan yang berbeda-beda, tergantung dari tingkat kejernihannya.

    Nah, dalam Q-RAK ini dijelaskan bahwa manusia itu memiliki kemampuan yang luar biasa sebenarnya namun dengan syarat harus dilatih. adapun “benda-benda” spiritual yang dimiliki oleh seorang Q-RAK’er ialah mata ketiga yang telah terbuka yang dapat melihat benda maupun makhluk metafisik. mata ini merupakan mata spiritual yang terletak di kening dengan posisi diantara kedua bola mata fisik kita. (kalau di ronsen sampai kiamat juga g bakal kliatan karena ini MATA SPIRITUAL).

    nah ada lagi MATA SPIRITUAL YANG TERLETAK DI TENGAH-TENGAH OTAK. mata ini yang paling sulit di latih. dan hanya Atas kehendak Allah saja mata ini bisa digunakan walaupun telah terbuka. mata ini bisa membuat kita keluyuran ke berbagai penjuru bumi dengan meditasi hening yang mantap. BISA BERKUNJUNG KE MASA LALU. MAUPUN KE MASA DEPAN. dan para Ahli Q-RAK’er nya sendiripun masih banyak yang belum bisa menguasai. walaupun ada. dalam bukunya sendiri (yang bisa anda temukan di GRAMEDIA berjudul Q-rak) SEBENARNYA Q RAK INI SETELAH SAYA BACA DENGAN SEKSAMA merupakan metode MA’RIFATULLAH. dan memang hasilnya dipasrahkan pada Allah. kekuatan yang telah terlatih tersebut “mulai dari penyembuhan hingga penglihatan” tidak boleh diakui adalah kekuatan seorang Q-RAK er… melainkan atas kehendak Allah SWT. karena pada dasarnya kekuatan dari Q-RAK ini memang diturunkan oleh Allah SWT kepada manusia. namun lebih ke arah Ma’rifat. dan bukan hal-hal logis.

    Nah bagaimana pendapat anda-anda sekalian. ini jelas bukan syirik. karena mengatas namakan Allah sebagai sumber kekuatannya, dan seorang Q-RAK’ER tidak boleh ria, maupun merasa sebagai “penyembuh/penglihat”-nya. dan ini adalah ilmu yang bisa dipelajari. sayapun sendiri, atas kehendak Allah pernah berhasil beberapa kali menggunakan mata ketiga dan melihat berbagai hal-hal meta fisik (bukan bawaan sejak lahir) apabila benar-benar jernih dalam meditasinya. namun hingga saat ini belum di izinkan Allah untuk dapat menggunakan mata yang berada di tengah otak itu. saya hanya ingin mengetahui, apa pendapat anda sekalian. terimakasih… Allah Maha Besar atas segala karunia yang telah diberikan-Nya kepada manusia.

  43. ami Says:

    namun, sekali seorang Q-RAK’ER menyalahgunakan kekuatannya untuk hal-hal yang tidak baik, maupun merasa hebat dengan karunia tsb… kekuatan Q-rak tidak akan berfungsi atau bahkan bisa musnah untuk selama-lamanya. apa pendapat anda para ahli agama… karena Q-RAK ini sejak dulu hingga sekarang gak ada penentangnya… dan bisa diikuti oleh semua orang dari agama apapun… ini yang saya bingung… sejauh saya dapat berprasangka positif, ini adalah sifat MAHA ADIL Allah SWT.

  44. pina ja g pke dil Says:

    Jadi jwban dari jdul “apa rahasia Allah Memberi Garis Tangan yang Berbeda-Beda” tu pa??
    kok g da pnjlsan’a dlm artikel?
    dari tadi nunggu pnjlasan dr prtnyaan jdul tu,,
    krna mnrut q prtnyaan ni sgt mnarik,,

  45. abdi Says:

    jadi sadar gw …lg nyari2 ..eh kecemplung …hi…hi…hi…saik lo smua …bukti satu kesatuan mousleem ….TOP BGT….

  46. supriadi Says:

    ass….wr wb afwan ikhwan…….kesimpulanya bahwa ramal meramal adalah perbuatan syirik dan dosa syirik tidak akan di ampuni kecuali ia taubatan nasuha dan kembali ke jalan sesuai yg di printahkan alloh swt, mudah mudahan qt selalu mendapat petunjuk dan perlindungan alloh swt amin……………….

  47. Much Sapro Insani Says:

    pina ja g pke dil Says:
    17 July, 2011 at 3:13 am

    Jadi jwban dari jdul “apa rahasia Allah Memberi Garis Tangan yang Berbeda-Beda” tu pa??
    kok g da pnjlsan’a dlm artikel?
    dari tadi nunggu pnjlasan dr prtnyaan jdul tu,,
    krna mnrut q prtnyaan ni sgt mnarik,,

    klo d liat dr komen2 para netter td kesimpulan td kyakx jwbanya tuk sling mengenal. klo g salah sob, hehe,……….

  48. Pencari Tuhan Says:

    Shub hanalloh, Luar byasa diposting sejak,Februari 2008 msh hangat hingga Nov.2011.
    Jujur klo gwa seh salu sma endapat dr ….@Lily Says……….
    mampu menempatkan sesuatu pas pada tempatnya & Bijak.Lebih mudah diterima………….Setuju Puool….^_^
    Smoga semuanya bs menyikapi dengan lebih Arif & Dewasa.
    Semuanya tergantung NIAT.
    Trilogi sikap & Tindakan dr EMHA Ainun NAJIB, BENAR…………..BAIK…………BAGUS.

  49. koleksi buuku terbbaik untuk pendidikan tinggi Says:

    koleksi buuku terbbaik untuk pendidikan tinggi…

    [...]Apa Rahasia Allah Memberi Garis Tangan yang Berbeda-Beda? « GombaL_tRenDy Never Die[...]…

  50. lilah Says:

    yoa; gw setuju bngt….kalau hidup mau lebih baik dr sekrng…minimal jngn pernah lewatkan shalat wajib…jngn lupa shalat sunah dijalankan…puasa senin~kamis di lakukan secara rutin…baca al qur’an setiap hari….beramal lakukan dengan ihklas…banyak2 istighfar untk menghindari godaan syeton…berdo’a lah yg baik2, setiap hari….ok!!!

  51. agusmanto Says:

    assalamu’alaikum wr.wb
    saya islam, selama ini saya berusaha merubah nasib ini, agar tidak kekurangan, tp samapi saat ini kok blm saya dptkn, saya berusaha jg berdo’a bahkan hampir tiap malam, dan selama ini aku rasa tdk bhngi org jg tdk perdaya sesama. terus kalo mash begini gimana kita mau beramal di jalan Allah, sementara untuk cukupi kebutuhan blm penuh, apakah sbg seorang islam tanpa amal shodaqoh bisa masuk syurga, terus kenapa mereka yang suka riba kayak koruptor, pemuja syetan tambah subur saja????? itu yang jadi per? dlm hati saya slma ini…contoh anak adalah amanah katanya terus kita udah berusaha begini tapi masih seandainya tetap, kalo ada kekurangan keluarga dan anak kemudian ada perbuatan mereka yang menyimpang dari ajaran Islam apakah juga DOSA, Allah tidak akan merubah nasib seseorang kalo orang itu tidak merubahnya. tapi tanpa dikabulkanNya perbuatan orang apa bisa terkabul….. lain dari itu para koruptor kenapa tidak di azab juga para pemuja????

  52. agusmanto Says:

    maaf mas ya, kebanyakan semua kayaknya udah tak jalani, saya asal ponorogo, mngkin siapa tau pernah ke PO. tp skrg udh hmpr 10 thn usaha di luar jawa ya berusaha perbaiki nasib, sekarang tetap tapi merintis usaha baru yaitu di bidang aksesoris PC jg laptop, tp mslh latar belakang nol, sebb saya dr klrga krng mampu, dan tdk sklh juga, yg blm aq jalani cm puasa sunnah saja. pokokx strees jg skrg, kalo blh tau sumatra asal mana, kalo ada keikhlasan minta nmr bs hub langsung, kirimkan k nmr ini 085655555976 atau 081944977159,,,

  53. Ultrabook Noteboook Tipis Harga Murah Terbaik Says:

    Ultrabook Noteboook Tipis Harga Murah Terbaik…

    [...]Apa Rahasia Allah Memberi Garis Tangan yang Berbeda-Beda? « GombaL_tRenDy Never Die[...]…

  54. Danil Yusuf Says:

    pikirkanlah dulu, jangan mudah menilai salah atau benar suatu usaha seseorang.
    ada sebab pasti ada akibat, dan jangan buruk muka cermin anda dibelah.

  55. maze seven Says:

    garis tangan hanya menggambarkan kejadian masa lalu, potensi dasar yg dimiliki seseorang, bakat, watak seseorang.. dari banyak buku dan percobaan yg aku lakukan, hasilnya 70-80% benar!

    kalau kita kaitkan ke ajaran islam, memang ada bbrp bagian dari palmisitri yg bertentangan dgn syariat, seperti:
    1. garis usia yg bisa memperkirakan (bukan menentukan) berapa lama seseorng hidup dan apa saja yg akan terjadi dan telah terjadi di usia tertentu. kalau yg sepreti ini, aku percaya mengandung syirik yg besar.. dan tidak pernah aku terapkan dan aku percayai!
    2. garis jumlah anak dan istri: ini juga membuka pintu syirik yg besar!
    3. garis peruntungan di bukit jupiter, apolo, venus, dst. ini juga mengandung syirik.

    garis tangan yg aku percaya tidak syirik hanyalah: garis2 utama seperti garis kehidupan, garis kepala, garis cinta/perasaan, dan bbrp garis minor lainnya yg menerangkan kesehatan dan trauma yg PERNAH terjadi.

    sedangkan garis2 yg menceritakan hal2 yg AKAN terjadi, tidak pernah aku gunakan.

    sekian :)
    mazeseven

  56. rose mj Says:

    setuju.
    kita manusia harus berdoa dan berdoa.
    pasti Tuhan mengubah nasib kita

  57. Dwi Agus Tjahjono Says:

    syaiton merayu dan menyuap kita dengan 100000000000000000000000000000000000000000000000000000000 cara ……waspadalah….waspadalah…………………

  58. stephen Says:

    benar jga ya.

  59. Hanhifa Fathiya Thea Says:

    jdi,,ramalan itu harus ny kita percaya atau engga????
    karna ramalan juga kadang terjadi kadang engga

  60. Andy Putra Says:

    شكرا جزيلا Terima Kasih Banyak …

  61. empty Says:

    Luar biasa,info ini top banget.

  62. Elvika Maratul Khusna Says:

    kalo kyk gni gmana?
    kluarga tmenku Indigo..kakaknya punya indera ke6 dan bisa ngramal tangan .pada usia 11 tahun dia ngramal usianya sendiri yg akan meninggal pd umur 12 tahun,bulan ini, tanggal ini, dan hal itu bnar2 terjadi.gmana kalo yg kyk gitu?apa org indigo trmasuk musyrik juga?kan mreka gag mintaa utk bisa melakukan itu smua tp dr awal mreka mmg sdh bs mlakukannya.

  63. robotgimbal Says:

    Intinya sih, percaya selain Allah itu musrik.

  64. eva Says:

    Kalo membaca sidik jari anak untuk melihat bakat terpendam sang anak, gimana? Saya ada seminar parenting ttg itu. Teman2 yg pernah ikut, diminta bayar 200 rb untuk dibaca sidik jari anaknya. Sehingga diketahui bakat anaknya kemudian di arahkan ke cara penanganannya. Menurut saya, kalo memang ada penanganan anak setelah membaca sidik jari, kenapa ga itu aja di seminarkan, tanpa membaca sidik jari ya?.. Apa kah saya berdosa kalau mempercayai dibacanya sidik jari anakku nanti? Help… Mohon bantuan pendapatnya.
    جزاك اللهُ خيراً‎

  65. Rherhe Says:

    kayanya yg jadi masalah bukan meramal/melihat sifatnya, ibu eva…
    tapi lebih ke “meramal masa depan”
    kalo cuma melihat sifat/bakat…noproblem deh…. :)
    mudah2an membantu

  66. Adinda Tya Rahma Angely Says:

    garis tangan qu anehh….banyak cabang nya

  67. http://darincassidy.blogdetik.com Says:

    I like the valuable information you provide in your articles.
    I will bookmark your blog and check again here regularly.
    I’m quite sure I’ll learn lots of new stuff right here!
    Good luck for the next!

  68. escorts new york Says:

    Hello, i think that i saw you visited my web site
    thus i came to “return the favor”.I am trying to find things to
    enhance my website!I suppose its ok to use some of your ideas!
    !

  69. dhien dhiena Says:

    setuju banget. . .

  70. loss extract Says:

    Recently, the 70 % HCA Garcina Cambogia capsules have actually been launched to the marketplace.
    As often, talk with your health care expert to see if a excess fat burner is appropriate for you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: